HR. Sunan Ibnu Majah No. 2624 – Diat ditanggung oleh ‘Aqilah (kerabat), jika tidak ada maka baitul mal

Informasi Hadits

Nomor Hadits 2624
Kitab Diyat
Bab Diat ditanggung oleh 'Aqilah (kerabat), jika tidak ada maka baitul mal
Hadits Riwayat Sunan Ibnu Majah

Nas

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ دُرُسْتَ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ بُدَيْلِ بْنِ مَيْسَرَةَ عَنْ عَلِيِّ بْنِ أَبِي طَلْحَةَ عَنْ رَاشِدِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ أَبِي عَامِرٍ الْهَوْزَنِيِّ عَنْ الْمِقْدَامِ الشَّامِيِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا وَارِثُ مَنْ لَا وَارِثَ لَهُ أَعْقِلُ عَنْهُ وَأَرِثُهُ وَالْخَالُ وَارِثُ مَنْ لَا وَارِثَ لَهُ يَعْقِلُ عَنْهُ وَيَرِثُهُ

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Durusta, telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari Budail bin Maisarah dari Ali bin Abu Thalhah dari Rasyid bin Sa’ad dari Abu Amir Al Hauzani dari Al Miqdam Asy-Syami, ia berkata; Rasulullah Shallalahu ‘Alaihi Wasallam bersabda: ‘Aku adalah ahli waris bagi orang yang tidak memiliki ahli waris. Aku yang akan menanggung diyat dan mewarisinya. Seorang paman menjadi ahli waris bagi orang yang tidak memiliki ahli waris, ia yang akan menanggung diyat dan yang mewarisinya.”

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada hadits HR. Sunan Ibnu Majah No. 2624 – Diat ditanggung oleh ‘Aqilah (kerabat), jika tidak ada maka baitul mal.

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.