HR. Shahih Al-Bukhari No. 6874 – dan adalah singgasana-Nya di atas air (Al An’am: 7), Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung (At Taubah: 129)

Informasi Hadits

Nomor Hadits 6874
Kitab Tauhid
Bab dan adalah singgasana-Nya di atas air (Al An'am: 7), Dia adalah Tuhan yang memiliki 'Arsy yang agung (At Taubah: 129)
Hadits Riwayat Shahih Al-Bukhari

Nas

حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا أَبُو مُعَاوِيَةَ عَنْ الْأَعْمَشِ عَنْ إِبْرَاهِيمَ هُوَ التَّيْمِيُّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ دَخَلْتُ الْمَسْجِدَ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَالِسٌ فَلَمَّا غَرَبَتْ الشَّمْسُ قَالَ يَا أَبَا ذَرٍّ هَلْ تَدْرِي أَيْنَ تَذْهَبُ هَذِهِ قَالَ قُلْتُ اللَّهُ وَرَسُولُهُ أَعْلَمُ قَالَ فَإِنَّهَا تَذْهَبُ تَسْتَأْذِنُ فِي السُّجُودِ فَيُؤْذَنُ لَهَا وَكَأَنَّهَا قَدْ قِيلَ لَهَا ارْجِعِي مِنْ حَيْثُ جِئْتِ فَتَطْلُعُ مِنْ مَغْرِبِهَا ثُمَّ قَرَأَ ذَلِكَ مُسْتَقَرٌّ لَهَا فِي قِرَاءَةِ عَبْدِ اللَّهِ

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Ja’far telah menceritakan kepada kami Abu Mu’awiyah dari Al A’masy dari Ibrahim -yaitu At Taimi- dari Ayahnya dari Abu Dzar berkata, “Aku masuk masjid sedang Rasulullah Shallallahu’alaihiwasallam duduk. Ketika matahari terbenam, beliau bertanya: ‘Wahai Abu Dzar, tahukah engkau ke manakah matahari ini pergi?” Aku menjawab, ‘Allah dan rasul-Nya lah yang lebih tahu! ‘ Nabi menjawab: “Sesungguhnya matahari ini pergi meminta ijin untuk sujud sehingga diijinkan, seolah-olah dikatakan kepada ‘Kembalilah engkau dari tempat engkau datang’, maka ia muncul di sebelah baratnya, ” kemudian beliau membaca: ‘(Itulah tempat tinggalnya) ‘, menurut bacaan Abdullah.”

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada hadits HR. Shahih Al-Bukhari No. 6874 – dan adalah singgasana-Nya di atas air (Al An’am: 7), Dia adalah Tuhan yang memiliki ‘Arsy yang agung (At Taubah: 129).

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.