HR. Shahih Al-Bukhari No. 6147 – Bagaimana sumpah nabi ShollAllahu ‘alaihi wa Salam

Informasi Hadits

Nomor Hadits 6147
Kitab Sumpah dan Nadzar
Bab Bagaimana sumpah nabi ShollAllahu 'alaihi wa Salam
Hadits Riwayat Shahih Al-Bukhari

Nas

حَدَّثَنَا عُمَرُ بْنُ حَفْصٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا الْأَعْمَشُ عَنْ الْمَعْرُورِ عَنْ أَبِي ذَرٍّ قَالَ انْتَهَيْتُ إِلَيْهِ وَهُوَ فِي ظِلِّ الْكَعْبَةِ يَقُولُ هُمْ الْأَخْسَرُونَ وَرَبِّ الْكَعْبَةِ هُمْ الْأَخْسَرُونَ وَرَبِّ الْكَعْبَةِ قُلْتُ مَا شَأْنِي أَيُرَى فِيَّ شَيْءٌ مَا شَأْنِي فَجَلَسْتُ إِلَيْهِ وَهُوَ يَقُولُ فَمَا اسْتَطَعْتُ أَنْ أَسْكُتَ وَتَغَشَّانِي مَا شَاءَ اللَّهُ فَقُلْتُ مَنْ هُمْ بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ الْأَكْثَرُونَ أَمْوَالًا إِلَّا مَنْ قَالَ هَكَذَا وَهَكَذَا وَهَكَذَا

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami Umar bin Hafsh telah menceritakan kepada kami ayahku telah menceritakan kepada kami Al A’masy dari Ma’rur dari Abu dzar mengatakan, aku menemuinya saat ia dalam lindungan Ka’bah seraya mengatakan; ‘Mereka adalah orang yang paling rugi, demi rabb ka’bah, mereka adalah orang yang paling rugi, demi rabb ka’bah.’ Aku berkata dalam hati; ‘Apa salahku, apakah ia melihat sesuatu beres padaku? apa salahku? ‘ lantas aku duduk kepadanya dan dia mengatakan; ‘saya tak bisa diam! Lalu ia menutupiku sekehendak Allah. Maka aku berkata; ‘Siapa mereka yang merugi? Demi menebusmu ayah dan ibuku sebagai tebusannya, ya Rasulullah? ‘ beliau menjawab; “yaitu mereka yang berbanyak-banyakan menumpuk kekayaan, kecuali yang mengatakan; yang seperti ini dan seperti ini dan seperti ini.”

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada hadits HR. Shahih Al-Bukhari No. 6147 – Bagaimana sumpah nabi ShollAllahu ‘alaihi wa Salam.

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.