HR. Shahih Al-Bukhari No. 4503 – Maksud “Al Jala`” adalah mengusir dari satu tempat ke tempat lainnya

Informasi Hadits

Nomor Hadits 4503
Kitab Tafsir al Qur`an
Bab Maksud "Al Jala`" adalah mengusir dari satu tempat ke tempat lainnya
Hadits Riwayat Shahih Al-Bukhari

Nas

حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الرَّحِيمِ حَدَّثَنَا سَعِيدُ بْنُ سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا أَبُو بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ قَالَ قُلْتُ لِابْنِ عَبَّاسٍ سُورَةُ التَّوْبَةِ قَالَ التَّوْبَةُ هِيَ الْفَاضِحَةُ مَا زَالَتْ تَنْزِلُ وَمِنْهُمْ وَمِنْهُمْ حَتَّى ظَنُّوا أَنَّهَا لَنْ تُبْقِيَ أَحَدًا مِنْهُمْ إِلَّا ذُكِرَ فِيهَا قَالَ قُلْتُ سُورَةُ الْأَنْفَالِ قَالَ نَزَلَتْ فِي بَدْرٍ قَالَ قُلْتُ سُورَةُ الْحَشْرِ قَالَ نَزَلَتْ فِي بَنِي النَّضِيرِ

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami Muhammad bin Abdurrahim Telah menceritakan kepada kami Sa’id bin Sulaiman Telah menceritakan kepada kami Husyaim Telah mengabarkan kepada kami Abu Bisyr dari Sa’id bin Jubair ia berkata; Aku pernah bertanya kepada Ibnu Abbas mengenai surat At Taubah, maka ia pun menjelaskan, “Surat At Taubah adalah diistilahkan Al Fadlihah (yang membongkar kejahatan kaum munafik). Ia senantiasa turun dengan ungkapan, ‘WA MINHUM.., WA MINHUM.. (Dan di antara mereka.. dan di antara mereka) ‘ hingga mereka pun menyangka bahwa tidak ada seorang pun yang tersisa dari mereka kecuali disebutkan dalam surat tersebut.” Kemudian aku bertanya, “Bagaimana dengan surat Al Anfal? ‘ Ia menjelaskan, “Surat itu turun pada saat terjadinya perang Badar.” Aku bertanya lagi, “Kalau surat Al Hasyr?” Ia pun menjelaskan, “Surat itu turun berkenaan dengan Bani Nadlir.”

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada hadits HR. Shahih Al-Bukhari No. 4503 – Maksud “Al Jala`” adalah mengusir dari satu tempat ke tempat lainnya.

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.

Close
Minimize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: