HR. Musnad Ahmad No. 18575 – Sisa Hadits ‘Adi bin Hatim Radliyallahu ta’ala ‘anhu

Informasi Hadits

Nomor Hadits 18575
Kitab Musnad penduduk Kufah
Bab Sisa Hadits 'Adi bin Hatim Radliyallahu ta'ala 'anhu
Hadits Riwayat Musnad Ahmad

Nas

حَدَّثَنَا يُونُسُ بْنُ مُحَمَّدٍ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ يَعْنِي ابْنَ زَيْدٍ عَنْ أَيُّوبَ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ سِيرِينَ عَنْ أَبِي عُبَيْدَةَ بْنِ حُذَيْفَةَ عَنْ رَجُلٍ قَالَ حَمَّادٌ وَهِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي عُبَيْدَةَ وَلَمْ يَذْكُرْ عَنْ رَجُلٍ قَالَ حَمَّادٌ يَعْنِي كُنْتُ أَسْأَلُ النَّاسَ عَنْ حَدِيثِ عَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ فَذَكَرَ الْحَدِيثَ وَهُوَ إِلَى جَنْبِي لَا أَسْأَلُ عَنْهُ فَأَتَيْتُهُ فَسَأَلْتُهُ فَقَالَ نَعَمْ بُعِثَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حِينَ بُعِثَ فَكَرِهْتُهُ أَشَدَّ مَا كَرِهْتُ شَيْئًا قَطُّ حَدَّثَنَا يَزِيدُ أَخْبَرَنَا هِشَامٌ عَنْ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِي عُبَيْدَةَ عَنْ رَجُلٍ قَالَ قُلْتُ لِعَدِيِّ بْنِ حَاتِمٍ حَدِيثٌ بَلَغَنِي عَنْكَ أُحِبُّ أَنْ أَسْمَعَهُ مِنْكَ فَذَكَرَ الْحَدِيثَ

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami Yunus bin Muhammad Telah menceritakan kepada kami Hammad yakni Ibnu Zaid, dari Ayyub dari Muhammad bin Sirin dari Abu Ubaidah bin Khudzaifah dari seorang laki-laki -dalam riwayat lain- Hammad dan Hisyam berkata, dari Muhammad dari Abu Ubaidah dan ia tidak menyebutkan dari seorang laki-laki. Hammad berkata; Saya bertanya kepada orang-orang tentang cerita Adi bin Hatim, maka ia pun mengisahkan ceritanya. Kemudian ia mendekat ke sisiku, tapi saya tidak menanyakannya. Saya pun mendatanginya dan bertanya padanya, maka ia berkata; “Ya, Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam telah diutus ketika beliau diutus. Dan saya sangatlah membencinya dengan kebencian yang tiada duanya.” Telah menceritakan kepada kami Yazid telah mengabarkan kepada kami Hisyam dari Muhammad dari Abu Ubaidah dari seroang laki-laki ia berkata; Saya berkata kepada Adi bin Hatim, “Telah sampai kepadaku suatu hadits dari Anda. Dan saya sangat menyukai untuk mendengarnya langsung dari Anda.” Maka ia pun menyebutkan hadits.

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada hadits HR. Musnad Ahmad No. 18575 – Sisa Hadits ‘Adi bin Hatim Radliyallahu ta’ala ‘anhu.

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.