HR. Musnad Ahmad No. 18536 – Hadits Zaid bin Arqam Radliyallahu ta’ala ‘anhu

Informasi Hadits

Nomor Hadits 18536
Kitab Musnad penduduk Kufah
Bab Hadits Zaid bin Arqam Radliyallahu ta'ala 'anhu
Hadits Riwayat Musnad Ahmad

Nas

حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَجْلَحَ عَنِ الشَّعْبِيِّ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي الْخَلِيلِ عَنْ زَيْدِ بْنِ أَرْقَمَ أَنَّ نَفَرًا وَطِئُوا امْرَأَةً فِي طُهْرٍ فَقَالَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ لِاثْنَيْنِ مِنْهُمْ أَتَطِيبَانِ نَفْسًا لِذَا فَقَالَا لَا فَأَقْبَلَ عَلَى الْآخَرَيْنِ فَقَالَ أَتَطِيبَانِ نَفْسًا لِذَا فَقَالَا لَا قَالَ أَنْتُمْ شُرَكَاءُ مُتَشَاكِسُونَ قَالَ إِنِّي مُقْرِعٌ بَيْنَكُمْ فَأَيُّكُمْ قُرِعَ أَغْرَمْتُهُ ثُلُثَيْ الدِّيَةِ وَأَلْزَمْتُهُ الْوَلَدَ قَالَ فَذُكِرَ ذَلِكَ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لَا أَعْلَمُ إِلَّا مَا قَالَ عَلِيٌّ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami Sufyan bin Uyainah dari Ajlah dari Asy Sya’bi dari Abdullah bin Abul Khalil dari Zaid bin Arqam bahwa beberapa orang yang menggauli seorang wanita pada masa sucinya. Maka Ali radliallahu ‘anhu berkata kepada laki-laki pertama dan kedua dari mereka, “Apakah kalian berdua senang dengan anak itu?” keduanya menjawab, “Tidak.” Kemudian Ali bertanya kepada laki-laki ketiga dan keempat, “Apakah kalian berdua senang dengan anak itu?” keduanya menjawab, “Tidak.” Maka Ali berkata, “Kalian ini berserikat dan saling berselisih. Saya akan mengadakan undian di antara kalian. Bagi yang jatuh padanya undian, akan saya denda sebanyak dua pertiga Diyat, dan anak itu menjadi miliknya.” Kemudian hal itu disampaikan kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, maka beliau pun bersabda: “Saya tidak tahu, kecuali apa yang telah dikatakan oleh Ali radliallahu ‘anhu.”

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada hadits HR. Musnad Ahmad No. 18536 – Hadits Zaid bin Arqam Radliyallahu ta’ala ‘anhu.

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.