Hadits tentang Sholawat dan Beberapa Keutamaannya

Setiap muslim hendaknya untuk senantiasa bershalawat kepada Nabi besar Muhammad saw. Karena seperti diketahui, melantunkan sholawat memiliki keutamaan-keutamaan yang besar. Beberapa diantaranya juga telah dijelaskan dalam beberapa hadits tentang sholawat berikut ini.

Keutamaan Solawat Berdasarkan Hadits

Bersholawat adalah wujud penghormatan dan juga salam takzim kepada panutan seluruh umat muslim dan juga penerang bagi seluruh umat manusia yang ada di bumi ini. Tak lain yaitu Rasulullah SAW.

Dalam beberapa hadits, Nabi Muhammad saw menuturkan beberapa keutamaan dari sholawat ini. Diantaranya:

1. Mendapatkan Syafaat Nabi

Salah satu keutamaan yang akan diperoleh bagi orang yang senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad saw, yaitu mendapatkan syafaat. Hal ini juga diterangkan dalam salah satu hadits nabi berikut ini.

“Jika kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bersholawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang yang bersholawat kepadaku sekali, maka Allah swt akan bersholawat untuknya sebanyak sepuluh kali. Lalu, mintalah wasilah kepada Allah swt untukku. Karena wasilah adalah sebuah tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah swt. Dan aku  berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka dia akan meraih syafaat.” ( HR. Muslim)

2. Dinaikkan Derajatnya

Orang yang senantiasa bersholawat atas Nabi Muhammad saw, derajatnya akan dinaikkan oleh Allah swt. hadits nabi yang menjelaskan tentang keutamaan bagi orang yang senantiasa bersholawat ini, salah satunya yaitu, yang diriwayatkan oleh Hadits Riwayat Ahmad berikut ini.

“Barang siapa diantara umatmu yang bersholawat kepadamu sekali, maka Allah swt akan menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, serta meninggikan derajatnya sebanyak sepuluh derajat. Dan juga mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula.” (HR. Ahmad)

3. Pahala Berlipat Ganda

Keutamaan lainnya yang bisa diperoleh oleh orang yang senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad saw yaitu mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Seperti yang dijelaskan dalam hadits tentang sholawat berikut ini.

“Barang siapa bersholawat kepadaku sekali, maka Allah swt akan bersholawat untuknya sebanyak sepuluh kali.” (HR. Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i)

4. Dikabulkan Semua Doa

Selain akan memperoleh beberapa keutamaan yang telah disebutkan sebelumnya, bersholawat juga bisa membuat terkabulnya segala doa. Dalam arti, Allah swt akan mengabulkan doa-doa dari orang-orang yang gemar bersholawat kepada nabi-Nya, yaitu Rasulullah saw.

“Apabila diantara kamu membaca sholawat, maka hendaklah dimulai dengan mengagungkan asma Allah azza wa jalla, dan senantiasa memuji-Nya. Setelah itu, bacalah sholawat kepada Nabi Muhammad saw. Barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR. Ahmad, Abu Dawud dan Tirmidzi)

5. Dikumpulkan Bersama Nabi Muhammad Saw Di Hari Kiamat Nanti

Dalam salah satu hadits disebutkan, bahwa Nabi Muhammad saw bersabda mengenai orang-orang yang berhak untuk berkumpul bersama Rasulullah saw, yaitu orang-orang yang senantiasa bersholawat untuknya.

“Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat adalah yang paling banyak membaca sholawat kepadaku.” (HR. Tirmidzi)

Beberapa Hadits Tentang Sholawat

Terdapat 2 hadits berdasarkan pencarian Hadits Tentang Sholawat.

HR. Musnad Ahmad No. 24109 – Lanjutan Musnad yang lalu

Bab: Lanjutan Musnad yang lalu

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami Abu Ahmad telah menceritakan kepada kami Sufyan dari Usamah dari Ustman bin Urwah dari Urwah dari Aisyah Rasulullah Shallallahu'alaihiwasallam bersabda: "Allah AzzaWaJalla dan malaikat-Nya memberikan sholawat kepada orang-orang yang menyambung shof-shof (merapatkan barisan shalat)."

Copy
Lebih Banyak

Nas

حَدَّثَنَا أَبُو أَحْمَدَ حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ أُسَامَةَ عَنْ عُثْمَانَ بْنِ عُرْوَةَ عَنْ عُرْوَةَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّ اللَّهَ عَزَّ وَجَلَّ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى الَّذِينَ يَصِلُونَ الصُّفُوفَ

Copy
Lebih Banyak

HR. Musnad Ahmad No. 796 – Musnad Ali bin Abu Thalib Radliyallahu ‘anhu

Bab: Musnad Ali bin Abu Thalib Radliyallahu 'anhu

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami Abdullah, Telah menceritakan kepada kami Manshur Bin Abi Muzahim Telah menceritakan kepada kami Khalid Az Zayyat Telah menceritakan kepadaku Aun Bin Abi Juhaifah dia berkata; "Bapakku adalah termasuk dari pasukan Ali, dan dia berada di bawah mimbar, kemudian bapakku bercerita kepadaku, bahwa dia naik mimbar -maksudnya Ali, - seraya memuji Allah dan mensucikannya serta bersholawat kepada Nabi shallallahu 'alaihi wasallam kemudian dia berkata; "Sebaik baik ummat ini setelah Nabinya adalah Abu Bakar, dan yang kedua adalah Umar", lalu dia berkata; "Allah Ta'ala menjadikan kebaikan menurut yang dikehendak-Nya."

Copy
Lebih Banyak

Nas

حَدَّثَنَا عَبْد اللَّهِ حَدَّثَنَا مَنْصُورُ بْنُ أَبِي مُزَاحِمٍ حَدَّثَنَا خَالِدٌ الزَّيَّاتُ حَدَّثَنِي عَوْنُ بْنُ أَبِي جُحَيْفَةَ قَالَ كَانَ أَبِي مِنْ شُرَطِ عَلِيٍّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَكَانَ تَحْتَ الْمِنْبَرِ فَحَدَّثَنِي أَبِي أَنَّهُ صَعِدَ الْمِنْبَرَ يَعْنِي عَلِيًّا رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ فَحَمِدَ اللَّهَ تَعَالَى وَأَثْنَى عَلَيْهِ وَصَلَّى عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَالَ خَيْرُ هَذِهِ الْأُمَّةِ بَعْدَ نَبِيِّهَا أَبُو بَكْرٍ وَالثَّانِي عُمَرُ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ وَقَالَ يَجْعَلُ اللَّهُ تَعَالَى الْخَيْرَ حَيْثُ أَحَبَّ

Copy
Lebih Banyak

Demikian penjelasan mengenai hadits tentang sholawat dan beberapa keutamaan yang akan diperoleh bagi orang-orang yang senantiasa bersholawat kepada Nabi Muhammad saw. Sepatutnya, kita sebagai umat beliau, hendaknya untuk selalu bersholawat dan juga meminta wasilah untuk nabi kita, Nabi Muhammad saw. Agar semua keutamaan dari membaca sholawat ini bisa kita peroleh. Aamiin.

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada artikel Hadits tentang Sholawat dan Beberapa Keutamaannya.

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.

Leave a Comment