Kumpulan Hadits Tentang Aqiqah dan Tata Caranya

Sudah selayaknya bagi seorang muslim untuk memiliki ilmu sebelum beramal. Dengan begitu, maka ketika hendak beramal maka seseorang dapat lebih menjiwai esensi dari ibadah yang sedang dikerjakannya tersebut. Maka, apabila Anda ingin mengaqiqahi anak, apakah Anda sudah mengetahui akan dalil dan hadits tentang aqiqah? Jika belum, maka silahkan simak penjelasannya terlebih dahulu sebagai berikut ini.

5 Hadits tentang Aqiqah

Terdapat beberapa dalil aqiqah yang berasal dari hadits Nabi Muhammad SAW seperti dikutip dari Al- Manhaj, sebagai berikut:

Setiap anak tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihnya untuknya pada hari ke-7, digundul rambutnya, dan diberikan nama yang terbaik.”

  1. Hadits Aqiqah dari Salman bin ‘Amir Mengenai Perintah Aqiqah

Dalil tentang aqiqah dari hadits Salman bin ‘Amir Ad- Dhabiy, dikatakan bahwa:

Rasulullah bersabda: “aqiqah dilaksanakan karena kelahiran bayi, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah semua gangguan darinya.” [shahih hadits riwayat bukhari (5472)]

  1. Hadits Aqiqah  dari Samurah bin Jundab Mengenai Anak yang Tergadai dengan Aqiqah

Dalil tentang aqiqah dari Samurah bin Jundab, dikatakan bahwa:

Rasulullah SAW bersabda: “semua anak bayi akan tergadaikan dengan aqiqahnya. Aqiqah diadakan pada hari ketujuhnya dan akan disembelih hewan kambing, diberi nama anaknya, dan dicukur rambutnya.” [shahih, hadits riwayat Abu Dawud 2838, Tirmidzi 1552, Nasa’i 7/ 1, Ibnu Majah 3165, Ahmad 5/ 7-8, 17-18, 22, Ad Darimi 2/ 81, dan lainnya.

  1. Hadits Aqiqah dari ‘Aisyah Mengenai Ketentuan Jumlah Kambing Bagi Bayi Laki-Laki dan Perempuan

Hadits tentang aqiqah yang berasal dari Aisyah, dikatakan bahwa Rasulullah bersabda:

Bayi laki-laki diaqiqahi dengan dua kambing yang sama, sementara untuk bayi perempuan hanya satu kambing.” [shahih, hadits riwayat Ahmad (2/ 31, 158, 251), Tirmidzi 1531, Ibnu Majah 3163, dengan sanad hasan].

  1. Hadits Aqiqah dari ‘Abbas Tentang Bolehnya Mengaqiqahkan Bayi Laku-Laki dengan Satu Kambing

Dari Ibnu Abbas dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Mengaqiqahi Hasan dan Husain dengan satu kambing dan satu kambing lagi.” [HR. Abu Dawud 2841, Ibnu Jarud dalam kitab al- Muntaqa 912, Tabrani 11/ 316 dengan sanadnya shahih sebagaimana dikatakan oleh Ibnu Daqiqiel ‘led].

  1. Hadits Aqiqah dari ‘Amr bin Syu’aib Tentang Anjuran Menyembelih Hewan yang Sekufu

Dari ‘Amr bin Syu’aib, dari ayahnya, dan dari kakeknya, Rasulullah SAW pun bersabda:

Barangsiapa diantara kalian yang ingin menyembelih kambing karena kelahiran bayi, maka hendaklah dilakukan untuk laki-lakinya adalah dua kambing yang sama, dan untuk anak perempuannya adalah satu kambing saja.” [sanadnya Hasan, hadits riwayat Abu Dawud 2843, Nasa’i 7/ 162-13, Ahmad (228, 3176), dan Abdur Razaq 4/ 330, dan dishahihkan oleh al- Hakim 4/ 238]

Tata Cara Aqiqah

Tata cara aqiqah sesuai dengan sunnah Rasul memang harus dilakukan dengan cara menyembelih binatang ternak, lalu membagikannya kepada kerabat dan tetangga. Menurut istilahnya, aqiqah merupakan proses pemotongan hewan ternak pada hari ketujuh terhitung setelah bayi dilahirkan.

Proses penyembelihan hewan ternak saat aqiqah dilakukan sebagai sebuah wujud rasa syukur kepada Allah SWT atas segala nikmat yang diberikan.

Untuk jumlah kambing aqiqah memang berbeda antara anak perempuan dan laki-laki. Dimana untuk aqiqah anak perempuan hanya memerlukan satu ekor kambing saja. Sementara itu, untuk anak laki-laki adalah dua ekor kambing.

Syarat kambing yang akan disembelih untuk aqiqah sama dengan hewan qurban, yakni kambing yang berkualitas, baik dari segi jenisnya hingga usianya. Kambing tersebut juga harus terbebas dari cacat dan penyakit.

Kumpulan Hadits Tentang Aqiqah Lainnya

Terdapat 52 hadits berdasarkan pencarian Hadits Tentang Aqiqah.

HR. Muwatta Malik No. 945 – Aqiqah

Bab: Aqiqah

Terjemahan

Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari Zaid bin Aslam dari seseorang dari Bani Dlamrah dari Bapaknya ia berkata; "Rasulullah Shalla Allahu 'alaihi wa sallam pernah ditanya tentang hukum aqiqah. Beliau menjawab; 'Saya tidak suka aqiqah (seakan-akan beliau membenci penamaan tersebut) .'" Beliau bersabda: "Barangsiapa dikaruniai seorang anak, lantas dia berkeinginan untuk menyembelih kambing untuk anaknya maka laksanakanlah."

Copy
Lebih Banyak

Nas

حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ مَالِك عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ عَنْ رَجُلٍ مِنْ بَنِي ضَمْرَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْعَقِيقَةِ فَقَالَ لَا أُحِبُّ الْعُقُوقَ وَكَأَنَّهُ إِنَّمَا كَرِهَ الْاسْمَ وَقَالَ مَنْ وُلِدَ لَهُ وَلَدٌ فَأَحَبَّ أَنْ يَنْسُكَ عَنْ وَلَدِهِ فَلْيَفْعَلْ

Copy
Lebih Banyak

HR. Muwatta Malik No. 948 – Hal-hal yang harus diperhatikan dalam masalah ‘aqiqah

Bab: Hal-hal yang harus diperhatikan dalam masalah 'aqiqah

Terjemahan

Telah menceritakan kepadaku Yahya dari Malik dari Nafi' berkata, "Tidak seorang pun dari keluarga Abdullah bin Umar meminta kambing untuk dijadikan aqiqah kecuali ia memberikannya. Ibnu Umar beraqiqah untuk anak-anaknya dengan seekor kambing; baik untuk anak laki-laki maupun anak perempuan.

Copy
Lebih Banyak

Nas

حَدَّثَنِي يَحْيَى عَنْ مَالِك عَنْ نَافِعٍ أَنَّ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ عُمَرَ لَمْ يَكُنْ يَسْأَلُهُ أَحَدٌ مِنْ أَهْلِهِ عَقِيقَةً إِلَّا أَعْطَاهُ إِيَّاهَا وَكَانَ يَعُقُّ عَنْ وَلَدِهِ بِشَاةٍ شَاةٍ عَنْ الذُّكُورِ وَالْإِنَاثِ

Copy
Lebih Banyak

HR. Sunan Ahmad al-Khurasany No. 4149 – Kapan aqiqah?

Bab: Kapan aqiqah?

Terjemahan

Telah mengabarkan kepada kami 'Amr bin Ali dan Muhammad bin Abdul A'la, mereka berkata; telah menceritakan kepada kami Yazid yaitu Ibnu Zurai' dari Sa'id, telah memberitakan kepada kami Qatadah dari Al Hasan dari Samurah bin Jundub dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Setiap anak laki-laki tergadai dengan aqiqahnya, disembelihkan untuknya pada hari ketujuh dan dicukur kepalanya serta diberi nama." Telah mengabarkan kepada kami Harun bin Abdullah, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Quraisy bin Anas dari Habib bin Asy Syahid, telah berkata kepadaku Muhammad bin Sirin; tanyakan kepada Al Hasan dari manakah ia mendengar haditsnya mengenai aqiqah. Kemudian saya bertanya kepadanya mengenai hal tersebut, lalu ia berkata; saya mendengarnya dari Samurah.

Copy
Lebih Banyak

Nas

أَخْبَرَنَا عَمْرُو بْنُ عَلِيٍّ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْأَعْلَى قَالَا حَدَّثَنَا يَزِيدُ وَهُوَ ابْنُ زُرَيْعٍ عَنْ سَعِيدٍ أَنْبَأَنَا قَتَادَةُ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ سَمُرَةَ بْنِ جُنْدُبٍ عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ غُلَامٍ رَهِينٌ بِعَقِيقَتِهِ تُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ وَيُسَمَّى أَخْبَرَنَا هَارُونُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنَا قُرَيْشُ بْنُ أَنَسٍ عَنْ حَبِيبِ بْنِ الشَّهِيدِ قَالَ لِي مُحَمَّدُ بْنُ سِيرِينَ سَلْ الْحَسَنَ مِمَّنْ سَمِعَ حَدِيثَهُ فِي الْعَقِيقَةِ فَسَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ سَمِعْتُهُ مِنْ سَمُرَةَ

Copy
Lebih Banyak

HR. Muwatta Malik No. 949 – Hal-hal yang harus diperhatikan dalam masalah ‘aqiqah

Bab: Hal-hal yang harus diperhatikan dalam masalah 'aqiqah

Terjemahan

Telah menceritakan kepadaku dari Malik dari Rabi'ah bin Abu Abdurrahman dari Muhammad bin Ibrahim bin Al Harits At-Taimi berkata; "Aku mendengar Bapakku menganjurkan aqiqah walaupun dengan seekor burung."

Copy
Lebih Banyak

Nas

و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ رَبِيعَةَ بْنِ أَبِي عَبْدِ الرَّحْمَنِ عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ إِبْرَاهِيمَ بْنِ الْحَارِثِ التَّيْمِيِّ أَنَّهُ قَالَ سَمِعْتُ أَبِي يَسْتَحِبُّ الْعَقِيقَةَ وَلَوْ بِعُصْفُورٍ

Copy
Lebih Banyak

HR. Sunan Ahmad al-Khurasany No. 4144 – Aqiqah bayi

Bab: Aqiqah bayi

Terjemahan

Telah mengabarkan kepada kami Ahmad bin Sulaiman, ia berkata; telah menceritakan kepada kami 'Affan, ia berkata; telah menceritakan kepada kami Hammad dari Qais bin Sa'd dari 'Atho` dan Thawus serta Mujahid dari Ummi Kurz bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda mengenai aqiqah seorang anak laki-laki: "Dua ekor kambing yang sama, sedang untuk seorang anak perempuan adalah seekor kambing."

Copy
Lebih Banyak

Nas

أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بْنُ سُلَيْمَانَ قَالَ حَدَّثَنَا عَفَّانُ قَالَ حَدَّثَنَا حَمَّادٌ عَنْ قَيْسِ بْنِ سَعْدٍ عَنْ عَطَاءٍ وَطَاوُسٍ وَمُجَاهِدٍ عَنْ أُمِّ كُرْزٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي الْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافَأَتَانِ وَفِي الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Copy
Lebih Banyak

HR. Sunan Ad-Darimi No. 1887 – Sunnah Aqiqah

Bab: Sunnah Aqiqah

Terjemahan

Telah mengabarkan kepada kami 'Affan bin Muslim telah menceritakan kepada kami Hammam dari Qatadah dari Al Hasan dari Samurah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda: "Setiap anak laki-laki tergadaikan dengan aqiqahnya, disembelihkan pada hari ketujuh dan dicukur (rambutnya) serta di alirkan darah (hewan akikah) nya (ke kepalanya)." Qatadah menjelaskan mengenai darah sembelihan tersebut, ia berkata; "Apabila hewan aqiqah telah disembelih, maka diambil satu helai bulu domba kemudian urat-urat binatang yang disembelih dihadapkan kepadanya, setelah itu diletakkan pada ubun-ubun anak bayi, apabila telah mengalir seperti satu benang, maka kepalanya di cuci kemudian digundul. 'Affan berkata; telah menceritakan kepada kami Aban dengan hadits ini. Ia berkata; "Dan di beri nama." Abdullah berkata; aku berpendapat hal tersebut tidaklah wajib.

Copy
Lebih Banyak

Nas

أَخْبَرَنَا عَفَّانُ بْنُ مُسْلِمٍ حَدَّثَنَا هَمَّامٌ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ الْحَسَنِ عَنْ سَمُرَةَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ كُلُّ غُلَامٍ رَهِينَةٌ بِعَقِيقَتِهِ يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ سَابِعِهِ وَيُحْلَقُ وَيُدَمَّى وَكَانَ قَتَادَةُ يَصِفُ الدَّمَ فَيَقُولُ إِذَا ذُبِحَتْ الْعَقِيقَةُ تُؤْخَذُ صُوفَةٌ فَيُسْتَقْبَلُ بِهَا أَوْدَاجُ الذَّبِيحَةِ ثُمَّ تُوضَعُ عَلَى يَافُوخِ الصَّبِيِّ حَتَّى إِذَا سَالَ شَبَهُ الْخَيْطِ غُسِلَ رَأْسُهُ ثُمَّ حُلِقَ بَعْدُ قَالَ عَفَّانُ حَدَّثَنَا أَبَانُ بِهَذَا الْحَدِيثِ قَالَ وَيُسَمَّى قَالَ عَبْد اللَّهِ وَلَا أُرَاهُ وَاجِبًا

Copy
Lebih Banyak

HR. Sunan Ad-Darimi No. 1886 – Sunnah Aqiqah

Bab: Sunnah Aqiqah

Terjemahan

Telah menceritakan kepada kami 'Amr bin 'Aun telah menceritakan kepada kami Hammad bin Zaid dari 'Ubaidullah bin Abu Yazid dari Siba' bin Tsabit dari Ummu Kurz, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "('Aqiqah) untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama (umurnya) dan untuk anak perempuan satu ekor kambing."

Copy
Lebih Banyak

Nas

حَدَّثَنَا عَمْرُو بْنُ عَوْنٍ حَدَّثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ بْنِ أَبِي يَزِيدَ عَنْ سِبَاعِ بْنِ ثَابِتٍ عَنْ أُمِّ كُرْزٍ قَالَتْ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ مِثْلَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Copy
Lebih Banyak

HR. Sunan Ad-Darimi No. 1884 – Sunnah Aqiqah

Bab: Sunnah Aqiqah

Terjemahan

Telah mengabarkan kepada kami Abu 'Ashim dari Ibnu Juraij, ia berkata; telah mengabarkan kepadaku 'Atha` dari Habibah binti Maisarah bin Abu Khutsaim dari Ummu Kurz dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam beliau bersabda mengenai aqiqah: "Untuk anak laki-laki dua kambing yang sama dan untuk anak perempuan satu kambing."

Copy
Lebih Banyak

Nas

أَخْبَرَنَا أَبُو عَاصِمٍ عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ عَنْ حَبِيبَةَ بِنْتِ مَيْسَرَةَ بْنِ أَبِي خُثَيْمٍ عَنْ أُمِّ كُرْزٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ فِي الْعَقِيقَةِ عَنْ الْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ وَعَنْ الْجَارِيَةِ شَاةٌ

Copy
Lebih Banyak

HR. Sunan Ad-Darimi No. 1885 – Sunnah Aqiqah

Bab: Sunnah Aqiqah

Terjemahan

Telah mengabarkan kepada kami Sa'id bin 'Amir dari Hisyam dari Hafshah binti Sirin dari Salman bin 'Amir Adh Dhabbi bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Bersama seorang anak laki-laki terdapat aqiqah, maka sembelihlah untuknya dan hilangkan gangguan darinya."

Copy
Lebih Banyak

Nas

أَخْبَرَنَا سَعِيدُ بْنُ عَامِرٍ عَنْ هِشَامٍ عَنْ حَفْصَةَ بِنْتِ سِيرِينَ عَنْ سَلْمَانَ بْنِ عَامِرٍ الضَّبِّيِّ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَعَ الْغُلَامِ عَقِيقَةٌ فَأَهْرِيقُوا عَنْهُ الدَّمَ وَأَمِيطُوا عَنْهُ الْأَذَى

Copy
Lebih Banyak

HR. Muwatta Malik No. 946 – Aqiqah

Bab: Aqiqah

Terjemahan

Telah menceritakan kepadaku dari Malik dari Ja'far bin Muhammad dari Bapaknya ia berkata; " Fatimah puteri Rasulullah Shalla Allahu 'alaihi wa sallam pernah menimbang rambut Hasan, Husain, Zainab dan Ummu Kultsum, lalu mensedekahkan perak yang sama dengan berat timbangan rambut tersebut."

Copy
Lebih Banyak

Nas

و حَدَّثَنِي عَنْ مَالِك عَنْ جَعْفَرِ بْنِ مُحَمَّدٍ عَنْ أَبِيهِ أَنَّهُ قَالَ وَزَنَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَعَرَ حَسَنٍ وَحُسَيْنٍ وَزَيْنَبَ وَأُمِّ كُلْثُومٍ فَتَصَدَّقَتْ بِزِنَةِ ذَلِكَ فِضَّةً

Copy
Lebih Banyak

Dan inilah beberapa hadits tentang aqiqah yang perlu Anda ketahui, terlebih bagi Anda yang sudah memiliki anak. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada artikel Kumpulan Hadits Tentang Aqiqah dan Tata Caranya.

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.

Leave a Comment