Hadits tentang Niat Diriwayatkan oleh Sahabat Rasulullah SAW

Pada ajaran Islam, niat merupakan bagian paling penting ketika melaksanakan kegiatan ibadah. Sebelum melakukan aktivitas ibadah, seorang Muslim sebaiknya berniat terlebih dahulu untuk memantapkan hatinya. Selain itu, membaca niat juga memiliki beberapa keutamaan yang telah tertulis pada beberapa hadits tentang niat diriwayatkan oleh sahabat Rasulullah SAW.

Kedudukan niat saat beribadah sangatlah penting sebagai bentuk kepastian untuk mengharapkan ridha dari Allah SWT. Simak uraian selengkapnya di bawah ini!

Hadits tentang Niat Diriwayatkan oleh Sahabat Rasulullah SAW dan Keutamaannya

Berikut ini beberapa hadits mengenai keutamaan niat yang perlu Anda ketahui, yaitu:

1. Pembeda antara Aktivitas Ibadah dan Lainnya

Rasulullah SAW bersabda dalam hadits riwayat Al Bukhari dan Muslim:

“Sesungguhnya amal perbuatan tergantung pada niat, dan sesungguhnya setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan yang ia niatkan. Barangsiapa yang berhijrah karena Allah dan Rasul-Nya maka ia akan mendapat pahala hijrah menuju Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa yang hijrahnya karena dunia yang ingin diperolehnya atau karena wanita yang ingin dinikahinya, maka ia mendapatkan hal sesuai dengan apa yang ia niatkan.”

Beberapa perbuatan manusia ada yang memiliki kemiripan dengan kegiatan ibadah. Contohnya, perbuatan menahan diri dari aktivitas minum atau makan untuk program diet dengan ibadah puasa. Maka sebagai pembedanya adalah bergantung pada niat masing-masing orang yang mengerjakannya.

2. Lebih Penting dari Amalnya

Berdasarkan riwayat Al-Baihaqi, Rasulullah SAW bersabda:

“Niat seorang mukmin lebih utama daripada amalnya.”

Menurut riwayat Aisyah ra, Rasulullah SAW pernah bersabda:

“Tidaklah seseorang bertekad untuk bangun melaksanakan shalat malam, namun ketiduran mengalahkannya, maka Allah tetap mencatat pahala shalat malam untuknya dan tidurnya tadi dianggap sebagai sedekah untuknya.” (HR. An Nasa’i no. 1784, shahih menurut Syaikh Al Albani).

Kemudian, Rasulullah SAW juga bersabda dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah:

“Sesungguhnya Allah mencatat berbagai kejelekan dan kebaikan lalu Dia menjelaskannya. Barangsiapa yang bertekad untuk melakukan kebaikan lantas tidak bisa terlaksana, maka Allah catat baginya satu kebaikan yang sempurna. Jika ia bertekad lantas bisa ia penuhi dengan melakukannya, maka Allah mencatat baginya 10 kebaikan hingga 700 kali lipatnya sampai lipatan yang banyak.” (HR. Bukhari no. 6491 dan Muslim no. 130)

Menurut ketiga hadits di atas, dapat Anda ketahui bahwa niat adalah yang paling penting dalam pelaksanaan ibadah. Ketika Anda pada situasi tertentu tidak dapat melaksanakan ibadah, namun sudah berniat sebelumnya. Maka Allah SWT telah mencatat pahala dari ibadah tersebut bagi Anda.

3. Mendapatkan Ganjaran Sesuai Niat

Rasulullah SAW bersabda tentang niat seseorang yang sesuai dengan ganjaran yang mereka dapatkan:

“Akan ada satu kelompok pasukan yang hendak menyerang Ka’bah, kemudian setelah mereka berada di suatu tanah lapang, mereka semuanya dibenamkan ke dalam perut bumi dari orang yang pertama hingga orang yang terakhir.” ‘Aisyah berkata, saya pun bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimanakah semuanya dibenamkan dari yang pertama sampai yang terakhir, sedangkan di tengah-tengah mereka terdapat para pedagang serta orang-orang yang bukan termasuk golongan mereka (yakni tidak berniat ikut menyerang Ka’bah)?” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Mereka semuanya akan dibenamkan dari yang pertama sampai yang terakhir, kemudian nantinya mereka akan dibangkitkan sesuai dengan niat mereka.” [HR. Bukhari, no. 2118 dan Muslim, no. 2884].

Kesimpulan

Baik, seperti itulah beberapa hadits tentang niat diriwayatkan oleh para sahabat Rasulullah SAW beserta keutamaannya. Semoga Anda senantiasa memiliki niat baik setiap akan mengerjakan sesuatu agar mendapatkan pahala.

Admin mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan pada artikel Hadits tentang Niat Diriwayatkan oleh Sahabat Rasulullah SAW.

Jika terdapat kesalahan dimohon untuk kontak admin lewat email berikut ini: sativawahyu4@gmail.com.

Terima kasih kawan-kawan telah mengunjungi website kami.

Leave a Comment